s

Selasa, 14 Oktober 2014

Cara Tambah Font Windows (Install Font Windows)



  • 0
     

  • Share
Cara Tambah Font Windows (Install Font Windows)Cara tambah font Windows (Install font windows) dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah dan cepat. Font yang disediakan oleh windows sangat membosankan dan kurang memadai terutama bagi desainer. Oleh karenanya tutorial kali ini ahlidesain menyampaikan Cara tambah font Windows (Install font windows) dengan cepat dan mudah. Untuk menambahkan font windows anda bisa mendownload font dari beberapa sumber gratis (free) yang bisa Anda lihat . Yang perlu anda lakukan setelah download font adalah memasukkan font tersebut ke dalam direktori font windows.

Font atau jenis huruf yang ada pada komputer umumnya ditampilkan difault saat instal software dan sistem operasi operasi yang digunakan. Selain dari bawaan os tersebut, font bisa bertambah dan dikurangi. Beberapa software seperti product adobe menginstal default software, juga program desain grafis dan program desktop publishing lainnya. Disamping itu, jika Anda suka berkreasi mengapresiasi imaginasi dengan berbagai jenis bentuk font maka Anda bisa menambahkan sendiri ke komputer Anda.
Beberapa situs yang khusus menyediakan font gratis :
1. www.fontsquirrel.com (khusus font gratis untuk komersil)
2. www.fontspace.com (banyak font disini)
3. www.dafont.com (yang banyak dikenal)
4. www.1001freefonts.com
5. fontfabric.com

Berikut cara menginstal font pada komputer

1. Anda buka situs penyedia font gratis diatas
2. Pilih kategori Font atau cari pada bagian search  sesuai keinginan dalam bahasa inggris, misal font lucu maka tulis “funny” / “cute”. Jika Anda mengingnkan free font untuk komersil, saya rekomendasikan fontspace yang didalamnya terdapat opsi lebih mudah. Termasuk untuk pencarian tipe free for commercial use dan adult.
Cara tambah font Windows (Install font windows)
3. Download font yang anda inginkan
4. Unzip atau uncompress file download yang biasanya dalam bentuk format file ZIP atau RAR, caranya klik kanan > extract. Pada bagian selanjutnya ada beberapa hal yang bisa ANda lakukan untuk tambah font Windows (Install font windows). Bila belum punya winrar, silakan download disini dan isntal.
Cara tambah font Windows (Install font windows)
1. Cara 1 : Klik kanan pada font > install
Cara tambah font Windows (Install font windows)
2. Cara 2 : Copy dan paste file ke C:WindowsFonts
- Pilih file font (bisa menggunakan Ctrl+Klik Mouse untuk memilih font lebih dari satu), sebaiknya menggunakan format OTF atau open type font yang bisa diinstal di mac dan windows, dan juga support beberapa jenis seperi small caps, old style figure dan extras lainnya. Jika sudah terpilih, lanjutkan dengan Klik kanan pada file yang terseleksi kemudian pilih Copy (tekan Ctrl+C).
Cara tambah font Windows (Install font windows)
- Setelah itu anda masuk ke direktori: C:WindowsFonts
Kemudian anda Paste ( Ctrl+V) file font tersebut, sehingga font di atas akan ditambahkan ke Windows secara otomatis.
Cara tambah font Windows (Install font windows)
3. Cara 3 : Instal menggunakan software
Untuk opsi ini saya menggunakan suitcase fusion sehingga. Kemudahannya bisa digunakan untuk instal font secara temporer, font akan langsung terinstal otomatis ketika hanya dibutuhkan saja. Misal ada file coreldraw yang mau dibuka, fontnya ternyata belum terinstal. Maka, suitcase fusion akan secara otomatis mencari font yang dipakai oleh coreldraw dan menginstalnya. Untuk membuat demikian font harus didaftarkan dulu pada software suitcase. Anda juga bisa mengelompokkan jenis font berdasarkan kesukaan.
Opsi software lain yang gratis, Anda bisa menggunakan AMPfontViewer yang juga bisa mengisntal font secara temporer, mengelompokkan dan tentu saja uninstal. Namun tidak bisa instal otomatis layaknya suitcase. Jika berminat, silakan klik pada link berikut.
Dan yang paling akhir adalah memeriksa apakah fotn sudah terinstal atau belum. Jika sudah ada maka font sudah siap digunakan.
Cara tambah font Windows (Install font windows)
8. Praktekkan tutoial diatas dan dapatkan opsi pemilihan font yang luar biasa banyaknya. Dengan ini, Anda dapat berkreasi lebih banyak lagi dan lagi.
Demikian yang dapat saya sampaikan kali ini Cara tambah font Windows (Install font windows). Selamat mencoba.

0 komentar :

Posting Komentar